Sabtu, 13 April 2013

PERAN PENTING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 'PAUD' UNTUK PERKEMBANGAN ANAK-ANAK


Seberapa penting nya sich pendidikan PAUD (pendidikan anak usia dini) itu?? Yang jelas pendidikan anak usia dini sangat lah berperan penting untuk perkembangan anak-anak sebelum mengenal TK atau Taman Kanak-kanak.
Dalam pendidikan PAUD anak diajarkan beberapa pengenalan mengenai angka, huruf, warna, sampai mengenal dirinya sendiri dan karakter masing-masing sebagai langkah awal untuk menyesuaikan dirinya. Keberadaan PAUD ini masih terbilang baru, ketika anak-anak yang masih sangat kecil memiliki potensi yang bagus namun umur nya masih dalam tahap pertumbuhan baru lah di adakan. 
Tujuan di adakan nya Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD ini adalah untuk meningkatkan potensi anak-anak walaupun masih belia. Namun pemerintah memiliki tujuan lain, diantaranya adalah:
  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Adapun rentang umur PAUD yaitu anak-anak yang masih berumur antara 2-4 tahun. Itu merupakan rentang umur untuk PAUD. Jika usia nya sudah menginjak 5 tahun lebih baik untuk di masukkan ke dalam Taman Kank-kanak atau TK, karena anak yang sudah berusia 5 tahun sudah bisa mengenal siapa dirinya dan karakter teman-teman sebaya nya.
Peran orang tua dalam sekolah PAUD sangat lah penting, pasal nya anak-anak seumuran seperti itu masih dalam tahap manja dan masih memerlukan bimbingan orang tua. Dalam mengenal jati diri orang tua adalah orang yang pertama kali harus mengenalkannya, mengapa? Sisi anak dan orang tua memiliki kontak bathin yang kuat sekali sehingga anak akan lebih mudah mengenal dibandingkan dengan mengetahui dari orang lain.
Sebagai seorang ibu juga, kita tidak boleh takut untuk memasukkan anak ke tingkat karena disana juga anak akan di bimbing oleh tenaga pengajar yang sangat berkualitas. Segera daftar kan putra-putri anda ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

0 komentar:

Posting Komentar